"Selamat Datang di Media Informasi Heri Eriyadi Safitri, S.Kom, MG, C.STMI (Ka Heriyadi)"

Kurikulum SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Kurikulum SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah kurikulum yang dirancang untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang siap pakai dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Struktur Kurikulum SMK

Kurikulum SMK terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
  1. Mata pelajaran wajib: seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan sejarah.
  2. Mata pelajaran kejuruan: seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan lain-lain.
  3. Mata pelajaran pendidikan kecakapan hidup: seperti Kewirausahaan, Komunikasi, dan Kerja sama.
  4. Praktik kerja lapangan (PKL) atau magang: untuk memberikan pengalaman kerja langsung kepada siswa.
Kompetensi yang Diharapkan

Kurikulum SMK dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam beberapa aspek, yaitu:
  1. Kompetensi teknis: seperti kemampuan menggunakan peralatan dan teknologi.
  2. Kompetensi vokasional: seperti kemampuan melakukan pekerjaan yang spesifik.
  3. Kompetensi sosial: seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama.
  4. Kompetensi personal: seperti kemampuan mengelola diri sendiri dan mengembangkan keterampilan.
Tujuan Kurikulum SMK

Tujuan kurikulum SMK adalah untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang siap pakai dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Selain itu, kurikulum SMK juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam beberapa aspek, seperti kemampuan teknis, vokasional, sosial, dan personal.