Trainer, Motivator dan Narasumber Wawasan Kebangsaan Indonesia

Jumlah Pengunjung

Web ini Dirancang Oleh :

Hubungi Kami

Jl. KH. Wahid Hasyim Jurang Mangu Timur Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. e-Mail : projasonline@gmail.com

Terjemahan

Kata Kata Mutiara Indah Penuh Renungan

Kata-Kata Mutiara dan Kata-Kata Bijak adalah rangkaian kata-kata yang penuh makna. Makna yang dalam dari untaian kata-kata ini membuatnya me...

"Selamat Datang di Website Heri Eriyadi"

Pengikut

3 TEKNIK DASAR BELAJAR BLENDER 3D UNTUK PEMULA

 3 TEKNIK DASAR  BELAJAR BLENDER 3D UNTUK PEMULA

Saat ini industri 3 dimensi berkembang sangat pesat. Belajar blender 3D untuk pemula jadi pilihan tepat jika ingin terjun di industri tersebut. Menariknya ternyata terdapat profesi khusus bernama 3D artist, dimana bergelut di bidang 3D modeling.

APA ITU BLENDER 3D?

Sebelum memutuskan untuk terjun di industri 3D, perlu mengetahui lebih dalam terkait aplikasi andalannya yakni Blender 3D. Aplikasi tersebut akan menjadi fasilitas andalan untuk belajar menggambar sesuai namanya secara 3 dimensi.

Blender 3D dilengkapi fitur-fitur beragam. Mulai dari settingan model 3D, UV unwrapping, membentuk & merancang, settingan tekstur, edit easter grafis, simulasi animasi, serta lainnya. Tak hanya fokus animasi, tetapi juga fitur belajar edit video seperti render, compositing, dan sebagainya.

Hebatnya lagi Blender 3D jadi salah satu aplikasi berbasis tanpa biaya alias gratis. Selain itu, tergolong juga software fleksibel, memungkinkan diterapkan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac, hingga sistem Android.

Bagi pemula untuk lebih mendalami penguasaan Blender bisa saling berkoneksi dengan forum. Adapun beberapa forum ini berdiri di Indonesia dan cukup populer yaitu Blender Artist serta Blender Army Indonesia. Jadi bagian forum-forum tersebut merupakan salah satu alternatif guna saling belajar dan berbagi pengalaman dalam penggunaan Blender 3D.

DASAR PENGOPERASIAN
Sebagai pemula, ketika ingin menguasai aplikasi Blender 3D mulai dari proses-proses sederhana. Langkah utama perlu mengetahui beragam dasar dalam pengoperasiannya.

Ketika mulai menggunakan, coba dengan materi-materi sederhana. Pemula dapat membuat animasi bentuk kursi, rumah, dan materi sederhana lainnya. Setelah itu, dapat memodifikasi dengan mencoba pengaturan warna, cahaya, objek, serta lainnya. Untuk coba memulai jangan lupa untuk pahami dasar utamanya yakni:
  • Menggerakkan objek
  • Memutarkan objek
  • Menambah objek
Sebagai tahap awal pembelajaran, pemula paling tidak pahami dan coba praktekkan teknik dasar Blender 3D. Selengkapnya simak penjelasan berikut.

Pertama yakni grab alias teknik dasar guna menggerakkan objek dengan patokan sumbu X, Y, maupun Z. Teknik ini dimanfaatkan agar benda berpindah sesuai kehendak pengguna. Memulai operasi grab melalui cara menekan tombol G pada keyboard yang digunakan.

Kedua ialah rotate alias memutar elemen sesuai dengan kemiringan atau mampu menghadap arah yang diinginkan. Melakukan teknik tersebut dapat menggunakan tombol R pada keyboard.

Ketiga scale merupakan menentukan ukuran objek, dimana mampu diperbesar maupun diperkecil dari ukuran awal. Scale dapat dilakukan melalui menekan tombol S pada keyboard.

OPERASI LANJUTAN

Setelah mengetahui teknik-teknik dasarnya, pemula bisa mencoba membuat proyek sederhana. Adapun berikut ini operasi Lanjutan untuk praktek membuat animasi bagi pemula yaitu:
  • Memberi warna
  • Memperhalus permukaan
  • Menambah elemen baru
  • Menambah tekstur
Blender cycles

Ketika pengetahuan secara materi sudah dikuasai, maka perlu mempertajam skill lewat belajar mempraktekkan operasi awal. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pertama terkait pemberian warna pada objek. Operasi ini tergolong sederhana yakni menambah tingkah warna yang diharapkan. Caranya dengan mengakses bagian tab material pada samping kanan panel.

Kedua ketika mulai belajar membuat proyek sederhana di Blender 3D, pengguna sangat mungkin menjumpai design kasar. Demi mengatasi permasalahan tersebut dapat mengatur kelembutan yakni lewat fitur Shade Smooth. Selain itu bisa juga menggunakan pengaturan Modifier Subdivision Surface.
Ketiga, ketika belajar membuat animasi bisa saja membutuhkan elemen tambahan. Jika begitu, pada blender 3D menyediakan fitur menambah elemen baru. Fitur tersebut akan mempermudah pemula dalam memvariasikan proyeknya karena terdapat beberapa elemen. Menambah elemen mampu dilakukan melalui menekan tombol shift+A pada keyboard.

Keempat ialah mengatur tekstur. Aplikasi edit 3D memfasilitasi pemula belajar pengaturan sebuah tekstur. Jika pengguna membutuhkan, silakan mengakses fitur UV Mapping. Pilih terlebih dahulu bagian-bagian yang ingin diatur teksturnya untuk kemudian beralih ke settingan UV Mapping.

Kelima yakni mode artwork, dimana biasa disebut dengan blender cycles. Blender cycles dianggap lebih bervariasi dibanding internal terutama untuk belajar. Hal itu dikarenakan memiliki kelebihan realistis serta indah. Kelebihan tersebut ada dikarenakan Nodes Editor, dimana berfungsi maksimal agar memperlihatkan objek seolah-olah nyata.