"Selamat Datang di Website Heri Eriyadi"

Halaman

Rumus Dasar Excel untuk Pemula

Rumus atau formula dasar Excel wajib diketahui oleh kamu yang ingin bekerja sebagai petugas administrasi atau semacamnya. Ada berbagai jenis rumus Excel, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian. Selain itu kamu juga bisa menghitung persentase, rata-rata, dan lain-lain.

Lantas, apa saja rumus Excel dasar yang harus dikuasai? Berikut di antaranya yang disadur dari buku Cepat Mahir Formula Excel 2007-2013 karya Alfa Hartoko.

1. SUM

SUM digunakan untuk menghitung jumlah dari nilai yang ada di jangkauan sel yang dipilih. Sederhananya, SUM digunakan untuk menjumlahkan angka tertentu. Contoh penggunaan rumus SUM adalah =SUM(sel1;sel2;sel3….). Rumus ini menunjukkan bahwa kamu sedang menghitung penjumlahan untuk nilai sel1, sel2, dan seterusnya.

2. AVERAGE

Selanjutnya ada rumus AVERAGE atau rata-rata dari beberapa nilai di sel yang kamu pilih. Adapun rumus yang digunakan, yaitu =AVERAGE(sel1,sel2,sel3,sel4…). Sementara, untuk jumlah data yang banyak kamu bisa menggunakan rumus berikut: misalnya 100 sel, maka =AVERAGE(sel1:sel100).

3. COUNT

COUNT mirip dengan SUM, tetapi berfungsi untuk menghitung jumlah sel berisi angka yang ingin dicari dari sel yang telah dipilih. Misalnya, kamu ingin menghitung berapa jumlah sel berisi angka dari total 50 sel. Maka, gunakan rumus ini =COUNT(sel1:sel50).

4. MAX

Fungsi MAX adalah fungsi Excel yang digunakan untuk menentukan nilai tertinggi atau angka maksimum dari sekumpulan nilai. Gunanya untuk mengetahui nilai terbesar dari sejumlah data. Sintaks fungsi MAX ialah seperti berikut =MAX(Number1, [number2],…).

5. MIN

MIN adalah fungsi Excel yang berguna untuk mengetahui nilai terendah dari sebuah data. MIN ini merupakan kebalikan dari MAX. Adapun rumus MIN ialah =MIN(number1, [number2],…).


Paling Sering Dikunjungi